SHALAT JUMAT

Ketika itu hari Jumat, rencananya sekitar pukul 14.00 saya ada pertemuan di Hotel Santika Premiere, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat. Supaya sampai tepat waktu, sekitar pukul 10.30 saya sudah berangkat menuju lokasi.

Untuk ke Santika, saya juga janjian dengan seorang teman datang bersama-sama dan ketemuan di  Gedung Enka Deli Square (samping Sarinah Thamrin).

Sampai di gedung ini sudah jam 11.30, sambil menunggu teman yang masih dalam perjalanan menuju tempat saya parkir, saya pikir lebih baik Shalat Jumat di sekitar sini saja, kalau langsung ke Hotel Santika pasti saya akan telat Shalatnya, bahkan mungkin tidak keburu.

Saya coba tanya ke Penjual rokok yang ada di sekitar tempat parkir, katanya : “Di belakang Jakarta Theatre ada Masjid Pak“. Saya langsung jalan ke belakang Jakarta Theatre, lewat Sarinah.

Ketika masih di Sarinah itulah, sekoyong-sekonyong terdengar suara azan dari sebuah Masjid. Akhirnya saya ikuti saja orang yang kira-kira sedang jalan ke Masjid, karena tepat di depan saya ada orang yang menyandang sajadah.

Dia keluar pintu gerbang Sarinah, naik jembatan penyeberangan, masuk ke Kantor Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), belok ke samping (tempat parkiran motor). Di situ ada pintu kecil menuju Masjid menyeberangi got kecil.

Masjid tsb adalah Masjid Warga Rumah Susun Kebon Kacang. Saking ramainya orang yang mau Sholat Jumat di Masjid ini, Jamaah sampai duduk di halaman Masjid (alhamdulillah sudah disiapkan terpal plastik yang dilapisi karpet) untuk menampung para jamaah yang mau sholat.

Untung di sekitarnya banyak pohon-pohon sehingga jamaah tidak begitu kepanasan. Di sediakan juga sebuah TV agar kita bisa memonitor Khatib yang sedang ceramah.

Karena di tempat penitipan ada jasa semir sepatu, saya titipkan sepatu di sana, tentu saja minta disemir sekalian 🙂

***

Selesai shalat, saya ambil sepatu sambil membuka dompet, yang ada hanya uang lima puluh ribuan. Saya pikir mereka pasti punya uang kecil untuk kembaliannya, walaupun dipotong 5.000 atau 10.000 juga tidak masalah.

Ketika saya serahkan uang 50.000, mereka bilang “Tidak usah Pak, sepatunya dibawa aja”. “Kembalikan saja Mas uang saya, dipotong 10.000 juga tidak apa-apa.”

Mereka tidak mau, sampai saya tunggu lebih dari 5 menit, sementara sudah banyak uang-uang kecil 2.000 dan 5.000an terkumpul di kaleng. Saya kasihkan lagi uangnya, mereka jawab lagi, “tidak usah Pak, bawa aja, minggu depan aja bayarnya”.

Lah saya kan hanya sekali ini ke sini, Jumat depan belum tentu Sholat di sini …. 😦

***

Kami sampai di Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk, sekitar 13.30, lumayan bisa tarik nafas sebentar untuk selanjutnya masuk ke ruang pertemuan di lantai 2, tepat pukul 14.00.

2 thoughts on “SHALAT JUMAT

Add yours

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

Up ↑

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Gusti 'ajo' Ramli

Segenggam garam terasa asin, jika berton-ton akan terasa manis.

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Gusti 'ajo' Ramli

Segenggam garam terasa asin, jika berton-ton akan terasa manis.

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

