ASAM PEDAS IKAN PATIN DAN IKAN BAUNG PEKANBARU

image

Ketika keluar dari Bandara Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, saya tanya driver mobil rental kami tempat makan siang yang enak sekitar sini? Dia menjawab dengan spontan Pondok Patin HM Yunus, Jl. Kaharuddin Nasution Simpang Tiga, Pekanbaru.

Menu utamanya berupa olahan Ikan Patin, yaitu asam padeh (pedas) patin, pepes patin, gulai telur patin, patin goreng, dan patin bakar.

Keunggulan ikan patin di Pondok Patin HM. Yunus ini adalah dari sumber ikan patinnya yaitu dari sungai di daerah Rengat (Kab Indragiri Hulu), karena biasanya ikan patin yang sering kita makan berasal dari kolam.

***

Pondok patin ini berada di atas sebuah rumah kayu, model rumah Melayu jaman dahoeloe kala dengan areal pakir yang luas, di bagian bawah rumah tsb dimanfaatkan sebagai kolam penampungan ikan patin.

Karena baru pukul 11 siang, pondok ini terlihat masih sepi, pengunjungnya hanya rombongan kami saja, sementara menurut pelayan, biasanya ramai pada jam makan siang tiba.

Kami masing-masing memesan ikan patin, ada yang pesan ekornya atau badannya, sedangkan saya lebih suka kepala ikan patin.

Masakan Pekanbaru hampir sama dengan masakan Padang, bahkan cara menghidangkannyapun juga hampir sama, yaitu dihidangkan semua kecuali ikan patinnya (harus dipesan terlebih dahulu).

Setelah terhidangkan, selain Ikan Patin Asam Pedas, juga ada Dendeng Batokok Lado Hijau, Ayam Kampung Goreng Bumbu, Sup Kerang, Udang Galah Goreng, Ikan Silais Goreng, Ikan Bilis Goreng Balado, Jengkol Balado, dan sambelnya yang pedas dan sangat istimewa….!!!

Daging Ikan Patin di Pondok Patin HM. Yunus ini terasa lembut dan gurih, rupanya Ikan Patin sungai rasanya memang beda denganIkan Patin dari kolam, apalagi dengan perpaduan bumbu asam pedas racikan khas HM. Yunus seperti cabe, bawang merah, bawang putih, daun kunyit, jahe, jeruk nipis/ asam kandis, daun jeruk, lengkuas, batang serai, garam dll yang pas dimulut sehingga ikannya tidak terasa amis.

Ikan Patin ini sangat digemari karena secara umum banyak mengandung gizi seperti protein, vitamin dan mineral, diklaim baik untuk kesehatan, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah/ mengurangi resiko penyakit jantung.

Ada lagi makanan unik di pondok ini yaitu Telur Ikan Patin yang dibungkus daun kunyit kemudian dimasak dengan bumbu Asam Pedas, saya katakan unik karena tekstur telurnya khas sehingga memberikan sensasi kenikmatan tersendiri.

Minuman yang saya pilih adalah Jus Pinang Muda yang katanya juga bagus untuk kesehatan karena memiliki kandungan alkaloida yang bersifat adiktif dan dapat merangsang otak.

***

Selain Ikan Patin di Pondok Patin HM. Yunus, juga ada makan favorit sejenis lainnya yaitu Pondok Asam Pedas Baung di Jl. Sudirman (dekat Rumah Sakit Awal Bros), Pekanbaru, bedanya menu utamanya adalah Ikan Baung yang juga baik untuk kesehatan, karena mengandung protein yang cukup tinggi dan rendah lemak, kaya omega3, disamping dagingnya yang lembut dan gurih.

Olahan Ikan Baung selain asam pedas, juga dibakar, digoreng, bahkan dimasak dengan tempoyak.

Asam Pedas ikan baungnya terasa lembut, agak kenyal, tapi tidak lembek dan yang pasti tidak amis seperti ikan yang biasa kita makan, cuma lidah saya merasa bahwa bumbunya kurang berani jika dibandingkan dengan Rumah Patin HM. Yunus.

Satu yang saya suka di Pondok Asam Pedas Baung adalah hidangan Ikan Silais (kecil) Balado yang baru sekali ini saya temukan, ikan silaisnya sebesar ikan bilis. Gurih, garing dan nikmat sekali…..

image
Ikan Silais (kecil) Goreng Balado
Advertisements

2 thoughts on “ASAM PEDAS IKAN PATIN DAN IKAN BAUNG PEKANBARU

Add yours

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

%d bloggers like this: