SERIAL #6 NEGERI LASKAR PELANGI : RUMAH MAKAN TIMPO DULUK BELITONG

20150219_190313

Sebuah tempat kuliner di Negeri Laskar Pelangi yang ramai pengunjung dan tidak boleh anda lewatkan yaitu Rumah Makan Timpo Duluk Belitong dengan hidangan Khas Otentik Pulau Belitung, di Jalan Mat Daud, Kampung Parit, Tanjung Pandan, Belitung.

***

Ketika kami sampai di rumah makan ini sekitar pukul 7 malam, di parkiran rumah makan yang terbuat dari kayu ini sudah dipenuhi dengan kendaraan bermotor, sedang di dalampun juga sudah penuh dengan pengunjung. Untunglah driver kami sudah pesan tempat terlebih dahulu, sehingga kami tidak perlu menunggu lagi, karena sudah disediakan buat kami.

#Sebaiknya reservasi terlebih dahulu, kalau  anda tidak mau antri….!!!#

Di dalam rumah makan, kita seperti kembali ke masa silam, seperti masuk ke rumah-rumah khas orang Melayu Belitung jaman “baheula” ketika duduk di bangku-bangku dan meja yang terbuat dari kayu.

Cara menyajikan makanan dan minumannya pakai nampan dari anyaman rotan, ala masyarakat Belitung Tempoe Doeloe, tempat makan, tempat minum, dan mangkuk terbuat dari kaleng, tatakan makananan dari anyaman rotan.

Uniknya lagi nasinya dibungkus dengan Daun Simpor, yaitu tumbuhan hutan Belitunga berdaun lebar, kerap digunakan juga sebagai pembungkus tempe, sayuran dan bumbu dapur.

O ya, ada lagi yang lebih unik, tempat tisu gulung (seperti tisu yang biasa di warteg-warteg) dari literan minyak tanah/ bensin jaman dulu yang terbuat dari kaleng.

20150219_191857

4 thoughts on “SERIAL #6 NEGERI LASKAR PELANGI : RUMAH MAKAN TIMPO DULUK BELITONG

Add yours

Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Gusti 'ajo' Ramli

Segenggam garam terasa asin, jika berton-ton akan terasa manis.

Pursuing My Dreams

Emak Benjamin Berkebun | Memasak | Cerita dari Jerman

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site