PYRAMIDE DE LOUVRE

IMG_9770

Kadang saya suka tergelitik jika membaca tulisan tentang sesuatu di media massa, baik cetak maupun online, demikian juga kali ini. Beberapa hari yang lalu saya membaca tentang Pyramide de Louvre. Nah saya tertarik ingin menulis juga, tentu saja saya ingin menulis dari sudut pandang saya sendiri (dari angle yang berbeda).

***

Landmark Paris, selain Menara Eifel adalah Pyramide de Louvre dan La Pyramide Inversee (Piramida terbalik). Di bagian bawahnya terdapat Museum du Louvre, yang menyimpan Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci yang sangat legendaris itu.

Pyramide de Louvre yang berukuran tinggi 21,6 meter itu, semua sisinya terdiri dari kaca, dirancang oleh Arsitek I.M. Pei pada tahun 1989, terletak tidak jauh dari Sungai Seine.

IMG_9774

Pyramide ini merupakan pintu utama untuk masuk ke Museum du Louvre yang merupakan bekas istana Kerajaan Perancis pada masa lalu. Sekarang istana tsb menjelma menjadi salah satu museum terbesar di dunia, terkenal dan paling banyak dikunjungi wisatawan dengan koleksi lebih dari 380 ribu objek, dengan 35 ribu karya seni. Selain lukisan Mona Lisa, juga terdapat karya seniman terkenal Michaelangelo yaitu Dying Slave serta Patung Venus of Milo.

Dari pintu utama kami menuruni tangga memasuki ruangan yang sangat luas. Syukur waktu itu tidak telalu panjang antriannya, padahal di saat musim liburan antrinya bisa sampai puluhan meter.

IMG_9782

Di satu bagian ruangan terdapat mesin tiket masuk ke museum, terus juga ada Shopping Centre, Cafe dan Restaurant (Restaurant du Monde sampai Starbuck), toko buku/ pejual oleh-oleh seperti Librairie du Musee yang menjual boneka, gambar lukisan Mona Lisa/Menara Eifel, dompet, tas, maupun alat tulis seperti buku, pensil, pulpen dll.

IMG_9790

Karena kesempatan yang sangat terbatas, saya tidak punya banyak waktu untuk masuk Grand Gallery tempat menyimpan karya-karya besar tersebut, sementara target saya dalam satu hari itu bisa mengunjungi banyak tempat di Kota Paris, meskipun sepagi itu saya baru saja kembali dari Menara Eifel.

Saya mau ke Paris Eye, Benlux  Louvre tempat orang Indonesia banyak berbelanja oleh-oleh barang maupun aksesoris, Gereja Notre Dame atau Notre Dame de Paris katedral berasitektur gothic – bergaya arsitektur abad pertengahan dan akhir, apalagi saya juga ingin naik ferry di Sungai Seine, serta beberapa keinginan lain yang belum kesampaian.

Sebetulnya sayang juga sih ga masuk ke Grand Gallery, tapi dengan harapan kalau suatu saat saya ke Paris lagi, pasti saya akan menyempatkan diri untuk masuk ke tempat ini. Semoga Allah mendengar permohonan hambanya. Aamiiiinn…..

O ya, kalau anda ingin ke Menara Eifel lebih baik datang agak siang, atau sore hari, bahkan malam hari jauh lebih bagus dan berkilau ketika Eifel bermandikan cahaya dari ribuan lampu, karena waktu pagi bukan saat yang bagus untuk pengambilan foto (backlight) di sana.

Advertisements

10 thoughts on “PYRAMIDE DE LOUVRE

Add yours

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Ded…

    Pemandangan atasnya sangat klasik ya. bangunan lama terjaga rapi dan memiliki sejarah yang hebat. Apa di Museum itu ada juga dipamerkan koleksi Islam. Saya yakin ada ya kerana dikatakan Islam juga sampai ke sana dan dipercayai Napoleon Bonarpate juga beragama islam. Saya juga berharap akan bisa menjelajah Paris satu hari nanti dengan tujuan untuk melihat bukti sinar Islam yang pernah hadir di sana.

    Salam takzim dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Gusti 'ajo' Ramli

Segenggam garam terasa asin, jika berton-ton akan terasa manis.

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

Padepokan Budi Rahardjo

belajar untuk menjadi manusia ...

UD3d Rajo Bagindo

Perjalanan seorang manusia

Cha in Hate 'n Love

Because life is about hate and love

Gusti 'ajo' Ramli

Segenggam garam terasa asin, jika berton-ton akan terasa manis.

Pursuing My Dreams

Indonesian who loves gardening, live in Germany

Life begins at 30...

by Arman Tjandrawidjaja

Ceritaeka

Travel Blogger Indonesia

nimadesriandani

Balanced life, a journey for happiness site

%d bloggers like this: